Visi dan Misi

Visi

Menjadikan PSA sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul, mandiri dan berbudaya dalam pengembangan pengetahuan arsitektur dengan fokus arsitektur etnik (Arsitektur Bali) sebagai implementasi Pola Ilmiah Pokok (PIP) kebudayaan Universitas Udayana.

Misi

Misi program studi adalah rumusan sikap, tanggung jawab, dan kewajiban civitas dan merupakan rencana langkah yang dilakukan yang diturunkan dari visi yang telah disepakati bersama. Misi merupakan langkah-langkah yang terintegrasi untuk dapat merealisasikan dan mencapai visi PSA FT Unud. Adapun misi PSA dapat dijabarkan sebagai berikut:

Menyelenggarakan operasional institusi pendidikan tinggi arsitektur tingkat sarjana yang kredibel, akuntabel, transparan, adil dan bertanggung jawab dan tetap menjadi salah satu program studi unggulan universitas udayana.

Menyelenggarakan proses pembelajaran yang (a) menempatkan mahasiswa sebagai subjek pembelajaran/student centred learning; (b) menyelenggarakan pendidikan tinggi tingkat sarjana di bidang arsitektur dan lingkungan terbangun dengan melatih mahasiswa untuk tanggap pada permasalahan rancang bangun yang aktual/problem based learning; (c) mengembangkan pembelajaran pada mahasiswa yang tidak hanya untuk peningkatan kemampuan akademik, tetapi memiliki keterampilan halus/soft skill untuk bekerja dalam tim, mampu mengkomunikasikan ide dan gagasannya dengan berbagai media dan mampu mengembangkan diri menjadi individu yang kreatif, kritis dan bertanggung jawab; (d) mengembangkan pembelajaran yang melahirkan lulusan yang memiliki kepekaan pada masalah sosial dan kreatif dalam penciptaan arsitektur dan lingkungan binaan yang memiliki identitas lokal tanpa mengabaikan perkembangan teknologi, seni dan ilmu pengetahuan; (e) mengembangkan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang merupakan penyempurnaan dari program E-LSEU (E-Learning Smart and Elegant of Udayana); (f) membentuk tim PPArs (Program Profesi Arsitektur) untuk mencapai pendidikan arsitektur 5 tahun untuk mrningkatkan kualitas lulusan yang baik di masyarakat.

Mengembangkan penelitian dengan topik-topik yang sudah tercantum dalam roadmap penelitian program studi, dan mengembangkan penelitian pada permasalahan rancang bangun dan lingkungan binaan yang terjadi, dan mengembangkannya menjadi materi pengajaran.

Menjadikan PSA sebagai sumber informasi dan pengetahuan arsitektur etnik dengan mengembangkan penelitian arsitektur vernakular yang tersebar di seluruh nusantara dan melakukan diseminasi hasil penelitian melalui berbagai seminar, publikasi dan diskusi ilmiah yang bertemakan arsitektur dan lingkungan terbangun nusantara.

Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan memberi bantuan usulan design tempat pemujaan, rencana penataan kawasan desa, penataan pura dan lingkungan, memberikan pelatihan keterampilan pertukangan pada masyarakat.

Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya untuk berorganisasi, melatih kepekaan pada masalah sosial dan lingkungan di masyarakat dan sekaligus meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat luas.

Meningkatkan kapasitas civitas dengan mengundang berbagai pakar, praktisi, tenaga ahli di bidang rancang bangun dan lingkungan binaan untuk membuka wawasan civitas dan mendekatkan dunia akademik dan dunia praktis yang lebih nyata.

Mengembangkan jejaring dengan melakukan kerja sama kemitraan dengan berbagai universitas baik di dalam maupun luar negeri dan saling berbagi mengenai praktek baik pada kegiatan tri dharma yang sudah dilaksanakan seperti joint research, international conference, publikasi ilmiah dan strategi pembelajaran.

Mengembangkan kerja sama dengan asosiasi profesi, pemangku kepentingan, alumni, pengguna lulusan untuk saling memberi masukan untuk penyempurnaan proses pembelajaran dan kurikulum dalam rangka peningkatan kualitas lulusan.

Mengembangkan dan meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan untuk dapat memberi dukungan pada kelancaran pelaksanaan kegiatan PSA melalui pelatihan dan workshop.

Mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM dengan memberi kesempatan pada civitas untuk melakukan studi lanjut bagi yang membutuhkan.

Mengembangkan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk dapat ikut berperan aktif dan memberi usulan pada permasalahan yang dihadapi masyarakat

Meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran.

Mengembangkan dan meningkatkan kualitas program internasional melalui peningkatan kerja sama dan sosialisasi program international ke berbagai universitas di luar negeri dan dengan menyiapkan program AUN-QA untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Meningkatkan publikasi hasil-hasil penelitian dosen dalam jurnal ilmiah baik berskala nasional dan internasional.